Tuesday, November 14, 2006

Irreconcilable Difference

Jadi ada dua teori. Satu bilang, intelijen itu udah dari sononya. Kalo elu pinter ya pinter, kalo bodoh ya bodoh, tetep aja seperti itu. Sedangkan teori satunya lagi bilang, intelijen itu bisa diubah, bisa tambah, bisa kurang.

Implikasinya ada dua...Satu...buat yang ngajarin....kalo ikut teori pertama, si guru nggak suka ngajar orang yang "bodoh", percuma gitu kan. Kalo guru pengikut teori kedua, dia bakal seneng ngajar, karena dia percaya semua orang bisa diubah, bisa dididik.

Dua..buat yang diajar, kalo dia penganut teori pertama, dia bakal cepet puas sama diri sendiri dan nggak bakal termotivasi buat hal-hal yang lebih menantang kalo dia ngerasa dia nggak bisa bersinar di situ. Jadi belajar lebih buat hasil akhirnya. Kalo dia penganut teori kedua, dia orangnya punya motivasi untuk jadi lebih, talentanya bisa dikembangin gitu, jadi belajar bukan sekedar buat nilai, tapi for the sake of learning.

Elu penganut yang mana?

Hmm...teori gw buat teori itu...Gue nggak percaya intelijen itu fixed, jadi bisa diubah harusnya. Bisa berkurang juga, kayak orang yang udah lama nggak ngomong Inggris, jadi bisa ilang gitu, padahal tadinya cas cis cus.

Tapi, gue nggak pernah merasa belajar for the sake of learning khusus yang buat pelajaran sekolah. Kalo di luar pelajaran sekolah, itu sepenuh hati deh gue....ha ha ha.

Dasar....tapi elu berhasil juga tuh sekolahnya. Apa cuman didasari ulterior motif pula lagi..hahaha..

Yoi...gw belajar soalnya gw mo berhasil dalam kerjaan dan ujungnya bisa hidup nyaman.

Ha ha ha....

...udah terlalu banyak perbedaan...

2 comments:

Dodol Surodol said...

Kecerdasannya sendiri mungkin aja tetep segitu-gitu doang. Tapi dengan belajar (atau tidak belajar) orang jadi bisa meluaskan (atau menyempitkan) area kecerdasan yang kepake.

Xinda said...

hmm...kayak Pak Edison bilang, "Genius is 1% inspiration, 99% perspiration?